23 Oktober 2009

bps BUKAN byte per second!

Jumat, Oktober 23, 2009 by blie dessy ·
Label:


Fakta : bps BUKAN byte per second! - Jangan sampai salah kaprah....
Kalau berbicara tentang komputer, pasti kita pernah mendengar istilah "bps" dan kelipatan umumnya seperti "Kbps" dan "Mbps". Sebagai contoh, bandwith maksimum USB 2.0 adalah 480 Mbps. Sebagai contoh lain, warnet X mempunyai bandwidth 128 Kbps.

Banyak orang yang percaya bahwa "bps" tersebut berarti byte per second (mungkin anda salah satunya, dan dulu saya juga percaya). Nah, kini bersiap-siaplah menghadapi kenyataan pahitnya:
bps bukan berarti "byte per second", tapi "bit per second"!

Apa beda antara bit dengan byte? 1 byte sama dengan 8 bit. Jadi bandwidth maksimum USB 2.0 adalah 480 Mbps, yang sama dengan 480 Mega bit per second, atau 60 Mega byte per second. Network card anda yang berspesifikasi 100 Mbps berarti kemampuan transfer maksimumnya adalah 100 Mega bit per second atau 12.5 Mega byte per second.

Perlu kita ingat bahwa bit disingkat dengan menggunakan "b" (huruf kecil), sedangkan byte disingkat dengan menggunakan "B" (huruf besar). Karena itu, mulai sekarang latihlah pikiran anda untuk menjadi case-sensitive . Byte biasa digunakan untuk menandakan kemampuan menyimpan hardware-hardware seperti RAM dan hard disk, dan juga untuk menandakan besar file. Bit biasa dipakai untuk menunjukkan kecepatan transfer alat-alat komunikasi seperti network card dan USB port.

Masih belum percaya? Anda dapat melakukan pencarian di internet untuk meyakinkan diri anda sendiri (dan teman-teman anda). Ini beberapa web site yang juga menjelaskan arti bps:

1. http://searchnetworking.techtarget.com/sDefinition/0,,sid7_gci213820,00.html
2. http://www.whatis.com/definition/0,,sid9_gci212534,0.html
3. http://www.numion.com/FAQ/Glossary.html

Yang membuat prihatin, salah pengertian tentang "bps" sudah sangat menyebar, bahkan di kalangan TI sendiri. Adalah tugas yang sangat mulia untuk "saling mengingatkan dalam kebenaran". Jadi, mari kita lakukan sebisa mungkin untuk memberitahu teman-teman kita bahwa "bps" adalah "bit per second"

Sumber : http://agro.web.ugm.ac.id/bps.htm

0 komentar:

Posting Komentar